20 Cara Agar Anak Pintar dan Cerdas




1. Berikanlah ASI Eksklusif
Banyak penelitian secara alamiah yang membuktikan bahwa ASI banyak mengandung gizi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan intelegensia ( Kecerdasan otak bayi). Karena itu, berikan ASI ekslusif pada bayi anda sejak bayi.

2. Berbicara Dengan Cerdas
Ajaklah bayi anda berbicara sesering mungkin. Seorang pemerhati asal Sidney University, Dr. Jean Aston mengatakan bahwa berbicara dengan bayi tidak selalu dengan memberikan pujian atau melucu. Saat anda berbicara, bayi menjadi pendengar yang baik juga, meskipun mereka tidak bisa menjawab dengan kata – kata, namun mereka bisa merespon dengan menggunakan ekspresinya. Respon ini harus diperhatikan oleh orang tua sebagai bentuk awal bayi berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya.

3. Bacakanlah Suatu Cerita
Tidak ada alasan terlalu dini membacakan cerita bagi anak, karena sekarang ini sudah banyak buku – buku yang baik dengan warna dan gambar menarik untuk dibacakan pada anak.

4. Bermain Bersamanya
Ikut terlibat saat buah hati bermain dan mengajarkan cara bermain yang benar dapat mempercepat proses belajar pada anak. Potensi sosialnya semakin berkembang, dapat mengenali kemampuannya, bakatnya, minatnya juga kebutuhan emosionalnya.

5. Dengarkan Dia Lagu
Mendengarkan lagu membuat anak mempelajari macam – macam bunyi dan menambah perbendaharaan kata. Pilih lagu – lagu dengan syair yang memiliki irama, nada yang unik dan membuat anda bergerak bersama si kecil seperti lagu cicak – cicak di dinding. Tapi janganlah anda pemperdengarkan lagu – lagu dewasa padanya.

6. Belajar Main Musik
Sebuah penelitian di Toronto University menyebutkan bahwa anak yang belajar music sangat mudah untuk meningkatkan pembelajaran otak kanannya. Semakin banyak dipelajari semakin nyata hasilnya. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa belajar music dapat meningkatkan IQ anak.

7. Menjaga kesehatannya
Para Ilmuwan dari University Illionis berhasil membuktikan bahwa adanya korelasi antara kesehatan dengan prestasi anak disekolah. Ajari anak untuk berolahraga dan beri makanan yang sehat dan gizi yang terpenuhi.

8. Bermain Game
Sebuah penelitian di University of Rochester menemukan bahwa seorang anak kecil yang bermain games lebih besar memiliki kamampuan dalam menemukan petunjuk rasa visual dalam dunia belajarnya. Tentunya tidak semua games juga baik untuk anak.

9. Hindari Junk Food
Junk Food aliad makanan cepat saji dengan kadar gula dan lemak yang tinggi tidak baik bagi intelegensi anak. Berikan makanan yang bergizi dan tidak melupakan sayuran dan buah – buahan.

10. Pupuk Rasa Ingin Tahunya
Agar anak punya minat dan punya rasa ketertarikan pada ilmu pengetahuan, jelas orang tua harus selalu mengajarkan dan mendidik keterampilan yang baru.

11. Sarapan Pagi
Sejak tahun 1970, sudah banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa seorang anak yang makan atau sarapan di pagi hari memiliki ingatan yang jauh lebih baik dibandingkan mereka yang tidak sarapan pagi. Pastikan anak sarapan di pagi hari, meskipun hanya sepotong kue atau segelas susu.

12. Jangan Lupa Omega – 3
Asam lemak omega-3 sangat bermanfaat untuk otak dan dapat mengaktifkan area otak yang berpotensi mendorong peningkatan daya konsentrasi, memori, dan juga aspek kognitifnya.

13. Mainan Edukatif
Pastikan anak memiliki mainan yang tidak asal – asalan. Berikan mainan edukasi apalagi mainan pengasah otak seperti puzzle, game Sudoku, catur atau teka – teki untuk anak

14. Batasi Nonton TV
Membiarkan anak banyak menonton TV merupakan cara mendidik anak yang salah. Banyak menonton TV membuat anak menjadi malas, selain itu pengaruh acara TV negative akan meresap pada anak.

15. Kehangatan Keluarga
Penelitian mampu menunjukan bahwa kondisi emosional yang hangat dan stabil sangat penting dalam perkembangan fungsi kognitif dan keterampilan pada anak.

16. Hindari Kebisingan
Sebuah penelitian yang pernah dilakukan di University Of London membuktikan bahwa anak – anak yang tinggal di lingkungan yang cukup bising akan kesulitan dalam mempelajari dan memahami buku yang dibacanya.

17. Perhatikan Jam Tidur
Tidur mempengaruhi tiap aspek fungsi kognitif pada anak, termasuk juga perhatian, memori anak, cara pemecahan masalah dan cara anak mengambil keputusan.

18. Atasi Stres Anak
Stress pada anak bisa mengganggu fungsi otak yang berharga. Ajaklah anak anda mengerjakan sesuatu yang menyenangkan agar terhindar dari tresnya.

19. Mengenal Alam
Menghabiskan waktu di luar rumah mampu meningkatkan fungsi otak, terutama sikap perhatian, daya konsentrasi serta control impuls dan memori anak. Alam tampaknya mampu membuat segar otak anak dan juga memberikan kesempatan bagi mental otot untuk beristirahat.

20. Berdoa
Minta pada tuhan agar anak anda cerdas dan pintar. Karena semua tips dan usaha yang dilakukan tidak mungkin sukses tanpa kausa-Nya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel