Cara Alami atasi Sakit Gigi Berlubang


Gigi berlubang sering tidak disadari karena tak menyakitkan di tahap awal. Namun, seiring bertambah besarnya lubang, rasa nyeri dan ngilu bisa kamu rasakan terutama saat makan sajian panas atau dingin. Jangan tunggu rasa nyeri datang, ketahui cara mengobati gigi berlubang dengan tepat.


Jangan pernah berpikir untuk mengabaikan lubang pada gigi. Lama-kelamaan, lubang bisa membesar dan memengaruhi kesehatan gigi dan gusi, bahkan organ lain. Selain itu, dengan melakukan pengobatan kamu dapat menghentikan rasa ngilu atau nyut-nyutan yang mengganggumu saat makan. Untuk mengatasinya inilah 5 cara alami atasi Gigi berlubang

1. Biji asam jawa




Caranya adalah, siapkan beberapa biji asam jawa. Cuci bersih lalu keringkan. Sangrai biji asam jawa hingga kering dan renyah. Jika sudah, haluskan hingga benar-benar halus dengan cara ditumbuk atau diblender. Beri sedikit air garam hingga membentuk pasta. Oleskan pasta bubuk biji asam jawa pada gigi yang sakit. Diamkan kira-kira selama 15 menit lalu berkumur seperti biasa. 


2. Daun jambu biji



Daun jambu biji merah memiliki kandungan analgesik dan antimikrobial yang dapat mengurangi rasa sakit pada gigi. Cara mengatasi sakit gigi ini pun sangat mudah yaitu cukup ambil beberapa lembar daun jambu biji merah, lalu kunyah hingga ektraknya keluar. Lalu oleskan pada bagian gigi yang sakit. Ulangi hingga sakit gigi kamu berkurang.

Jika kamu merasa sulit mengobati gigi dengan cara ini, kamu dapat merebus empat lembar daun jambu biji. Biarkan hingga mendidih lalu dinginkan. Campur de4ngan garam, lalu gunakan air rebusannya untuk berkumur. Cara ini cukup efektif menghilangkan sakit pada gigi.


3. Bawang putih dan garam



 Ada banyak cara alami dan bahan herbal di rumah yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Obat alami tersebut salah satunya adalah garam dan bawang putih. Mmm, benar nggak sih garam bisa menyembuhkan sakit gigi?

Para ahli percaya bahwa kandungan nutrisi pada garam mampu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Meski tidak sepenuhnya bisa mengobati sakit gigi, bahan alami khususnya garam bersifat meredakan sakit gigi. Sakit gigi akan semakin reda dan perlahan sembuh ketika garam dikombinasikan bersama bahan alami lain yakni bawang putih. 

Cara membuat obat sakit gigi dari garam dan bawang putih sendiri sangatlah mudah. Caranya adalah, siapkan 3 siung bawang putih (haluskan) dan 1 sdt garam halus. Campur kedua bahan hingga membentuk pasta. Jika sudah, oleskan pasta bawang putih dan garam ke gusi atau gigi yang sakit dan diamkan selama beberapa menit. Kumur dengan air bersih dan sikat gigi seperti biasa agar rasa sakit dan nyeri segera berkurang. 


4. Lada



Garam dicampur dengan lada sangat bermanfaat ketika sakit gigi datang. Keduanya memiliki kandungan antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti.

Campur lada dan garam dengan jumlah yang sama dalam beberapa tetes air agar berbentuk seperti pasta. Oleskan pasta lada dan garam ini pada gigi yang sakit untuk beberapa menit. Lakukan setiap hari selama beberapa hari.


5. Cengkeh




Cengkeh dapat di manfaatkan untuk mengatasi masalah sakit pada gigi, umumnya cengkeh yang di manfaatkan untuk meredakan sakit gigi dalam bentuk minyak, untuk menggunakannya sendiri cukup dengan menempatkan/mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada lubang tempat sakit gigi. Hasilnya sangat luar biasa, kandungan zat yang terdapat pada cengkeh diyakini memiliki sifat antibiotik yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri.

Cengkeh itu sendiri merupakan salah satu dari rempah – rempah asli dari indonesia yang tentunya sangat mudah di dapat di pasaran, terdapat kandungan bahan aktif eugenol untuk pereda rasa sakit pada gigi sehingga sangat tepat untuk mengatasi masalah pada gigi.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi sakit pada gigi berlubang, Semoga bermanfaat...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel